Sabtu, 22 September 2012

0 Pentingnya Pendidikan Antikorupsi Sejak Dini


Pentingnya pendidikan antikorupsi sejak dini membuat Duta Universitas Indonesia dan Kementrian Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) merencanakan pendidikan antikorupsi mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Duta UI untuk Reformasi Birokrasi yang juga Politikus PDI Perjuangan, Dewi Aryani beserta Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Eko Prasojo Melaksanakan pencanangan pendidikan antikorupsi di SMPN 3, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Menurut Dewi, problem kehidupan berbangsa dan bernegara paska merdeka 67 silam terus meningkat. Sehingga, tujuan-tujuan bernegara yang tertuang dalam konstitusi belum secara optimal diwujudkan.

Pasalnya, masih banyak ketimpangan pembangunan dan kesenjangan sosial. Selain itu, keadilan dan kesejahteraan rakyat pun belum sepenuhnya dapat di wujudkan.

"Banyak faktor ikut mempengaruhi, yang berkontribusi penting adalah korupsi. Merebaknya korupsi di hampir semua sendi kehidupan formal politik, pemerintahan, hukum, dan lain-lain, bahkan seakan-akan sudah membudaya dalam masyarakat kita," kata Dewi dalam siaran persnya, Sabtu (22/9/2012).

Hal ini, lanjut Dewi, secara tidak sadar membuat masyarakat menerima kondisi buruk ini. Implikasi dari semua tindakan itu banyak sumber-sumber kekayaan alam belum bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Harus segera di cari solusinya, diantaranya adalah perbaikan sistem, mekanisme, prosedur (melalui reformasi birokrasi dalam pengertian yang formal), dan segera memperbaiki mentalitas, budaya, mindset bahwa korupsi harus menjadi musuh bersama," jelasnya.

Anggota Komisi VII DPR ini mengatakan, perubahan-perubahan tersebut bisa diwujudkan melalui pendidikan dini antikorupsi dengan mengedepankan internalisasi nilai-nilai antikorupsi.

"Budaya tidak korup dimulai dari keluarga, pendidikan dasar, menenga, atas dan perguruan tinggi. Tidak saja dari design kurikulum formal, tapi bisa juga dilaksanakan sebagai kebiasaan nonformal di sekolah," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pantauan-Teropong.com | Situs Informasi Terkini | Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates